Keutamaan Tempat Suci Agama Islam

KEUTAMAAN BEBERAPA TEMPAT SUCI AGAMA ISLAM

Keutamaan Kota Mekkah
 
1.     Tanah terbaik di muka bumi. Rasulullah bersabda: “Demi Allah, engkau adalah tanah Allah yang terbaik dan paling Dia cintai. Kalaulah bukan karea aku diusir dari sana, maka aku tidak akan kerluar meninggalkanmu.” (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah)

2.     Negeri yang paling baik. Nabi SAWbersabda: “Engkau adalah negeri yang paling baik dan paling aku cintai.”  (HR Tirmidzi)

3.     Tanah Haram. Di dalam hadis disebutkan: “Sesungguhnya negeri ini telah dimuliakan Allah pada hari penciptaan langit dan bumi. Negeri ini haram (dari segala bentuk penistaan terhadapa makhluk) karena kemuliaan Allah hingga datang Hari Kiamat. (HR Bukhari dan Muslim).”

Keutamaan Ka’bah

1.     Masjid pertama di Bumi. Itulah rumah Allah yang pertama kali dibangun untuk peribadatan manusia. Diriwayatkan dari Abu Dzar, dia berkata,”Aku bertanya kepada Rasulullah, “Wahai Rasulullah, mesjid apakah yang pertama dibangun?” Beliau menjawab.”Masjidil Haram.” (HR Muslim dan Ahmad)

2.     Kiblatnya kaum muslimin. Arah kiblat kaum muslimin ketika melaksanakan shalat adalah menghadadap ke Ka’bah sesuai dengan perintah Allah, dan shalat tidak akan sah jika tidak menghadap ke arah Ka’bah, kecuali dalam kondisi darurat.

3.     Shalat dalam Masjidil Haram akan membuahkan pahala yang sangat besar, Rasulullah bersabda, “Shalat di Masjidil Haram lebih utama 100 ribu kali shalat yang dilakukan di mesjid-mesjid lainnya.”

Keutamaan Hajar al-Aswad

1.     Akan memberikan kesaksian kepada orang Islam. Rasulullah bersabda, Demi Allah, batu itu akan dibangkitkan Allah pada hari Kiamt dengan memiliki dua mata yang bisa melihat, lidah yang bisa bicara, dan mampu memberikan kesaksian kepada yang telah mententuhnya dengan benar. (HR Tirmidzi dan Hakim)

2.     Berasal dari Surga. Diriwayatkan dari Rasulullah bahwa telah bersabda, “Hajar al-Aswad berasal dari Surga.” (HR Tirmidzi)

Keutamaan Maqam Ibrahim

1.     Disunahkan Shalat dua rakaat di belakangnya. Itu adalah wujud keteladanan kepada Nabi SAW, sebab beliau telah melakukannya. Itu dinamakan dengan shalat sunah dua rakaat tjawaf. Pada rakaat pertama membaca surat al-Kafirun dan pada rakaat kedua membaca surat al-Ikhlash.

2.     Allah telah memerintahkan untuk menjadikannya tempat shalat. Hal ini disebutkan dalam firman Allah SWT.”Dan jadikanlah sebahagian Maqam Ibrahim tempat shalat.” (Al-Baqarah[2]:125)

Keutamaan Mesjid Nabawi

Shalat di mesjid Nabawi nilainya sangat tinggi, sebagaimana sabda Nabi saw berikut:

“Shalat di masjidku ini (Mesjid Nabawi) lebih utama 1000 kali dibanding shalat di mesjid lainnya, kecuali di masjidil Haram. Dan shalat di Masjidil Haram lebih utama 100 ribu kali daripada shalat di mesjid lainnya.”(HR Ahmad, Ibnu Huzaimah, dan Hakim)

Diterima dari Anas bin Malik bahwa Nabi SAW bersabda (yang artinya):

“Barangsiapa melakukan shalat di mesjidku sebanyak empat puluh kali tanpa luput satu kali shalat pun juga, maka akan dicatat kebebasannya dari neraka, kebebasan dari siksa dan terhindarlah ia dari kemunafikan.” (Riwayat Ahmad dan Thabrani dengan sanad yang sah)
 

Makam Rasulullah saw

Makam Nabi Muhammad saw dahulu dinamakan Masqurah. Setelah Mesjid Nabawi diperluas, makam ini termasuk di dalama bangunan bersama dua makam sahabat Rasulullah, yaitu Abu Bakar As-Siddiq dan Umar Ibnul Khattab ra. 

Raudhah

Raudhah adalah sudatu tempat di dalam Mesjid Nabawi yang letaknya ditandai dengan tiang-tiang putih, berada di antara rumah Nabi (sekarang makam Rasulullah saw) sampai mimbar. Raudhah adalah tempat yang maqbul untuk berdoa. Rasulullah bersabda: “Antara rumahku dengan mimbarku adalah Raudhah (taman) di antara taman-taman surga.”

 
Mesjid Quba

Mesjid ini merupakan mesjid pertama didirikan saat Rasulullah Hijrah dari Mekah ke Madinah. Nilai pahala apabila shalat di mesjid ini sama dengan pahala umroh sebagaimana disebutkan dalam hadist di bawah ini:

”Barangsiapa bersuci di rumahnya kemudian dia mendatangi masjid Quba dan shalat di dalamnya, maka ganjarannya seperti pahala umrah.” (HR. Ahmad, An-Nasai, dan Ibnu Majah)

 
Makam Baqi 

Baqi’ adalah tanah kuburan untuk penduduk sejak zaman jahiliyah sampai sekarang. Jamaah haji yang meninggal di Madinah dan dimakamkan di Baqi’, letaknya di seberlah timur Mesjid Nabawi. Di sinilah makam Usman bin Affan ra, para istri Nabi, putra dan putrinya dan para sahabat dimakamkan

Supported By :

 

KORAN ANAK INDONESIA, Yudhasmara Publisher

“PUPUK MINAT BACA ANAK DAN REMAJA INDONESIA SEJAK DINI”. Membaca adalah investasi paling kokoh bagi masa depan perkembangan moral dan intelektual anak. “SELAMATKAN MINAT BACA ANAK INDONESIA”.

 Jl Taman Bendungan Asahan 5 Jakarta PusatPhone : (021) 70081995 – 5703646

email : judarwanto@gmail.com  http://mediaanakindonesia.wordpress.com/

       

     

    Copyright 2010. Koran Anak Indonesia  Network  Information Education Network. All rights reserved

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s