Kota Suci Mekkah, Keistimewaan dan Keutamaannya

 

Berkas:Mecca from Jabal Nur.JPGMekkah atau Makkah al-Mukarramah,  atau disingkat dengan Makkah merupakan sebuah kota utama di Arab Saudi. Kota ini menjadi tujuan utama kaum muslimin dalam menunaikan ibadah haji dimana pada kota ini terdapat sebuah bangunan utama yang bernama Masjidil Haram dengan Ka’bah di dalamnya. Dan bangunan Ka’bah ini yang menjadi patokan arah kiblat untuk ibadah salat umat Islam di seluruh dunia. Dan pada kota suci umat Islam ini tempat lahirnya Nabi Muhammad SAW. Dalam Al-Qur’an, kota ini disebut juga dengan 11 nama yang berbeda.Makkah tidak hanya pada namanya yang banyak, tetapi Makkah juga mepunyai
karateristik yang unik dan menarik serta keistimewaan yang tidak dimiliki tempat  lain dimuka bumi ini. 

Kota Mekkah terletak sekitar 600 km sebelah selatan kota Madinah, kurang lebih 200 km sebelah timur laut kota Jeddah. Kota ini merupakan lembah sempit yang dikelilingi gunung gunung dengan bangunan Ka’bah sebagai pusatnya 21°25′24″N 39°49′24″E / 21.42333°LU 39.82333°BT / 21.42333; 39.82333 (Makkah Al Mukarramah). Dengan demikian, pada masa dahulu kota ini rawan banjir bila di musim hujan sebelum akhirnya pemerintah Arab Saudi memperbaiki kota ini dan merenovasi kota ini. Seperti pada umumnya kota kota di wilayah Arab Saudi, kota ini beriklim gurun.

Perkembangan kota Mekkah tidak terlepas dari keberadaan Nabi Ismail dan Hajar sebagai penduduk pertama kota ini yang ditempatkan oleh Nabi Ibrahim atas perintah Allah. Pada perkembangannya muncul orang orang Jurhum yang akhirnya tinggal di sana. Pada masa berikutnya kota ini dipimpin oleh Quraisy yang merupakan kabilah atau suku yang utama di Jazirah Arab karena memiliki hak pemeliharaan terhadap Ka’bah. Suku ini terkenal dalam bidang perdagangan bahkan pada masa itu aktivitas dagang mereka dikenal hingga Damaskus, Palestina dan Afrika. Tokoh sebagai kepala kabilah Quraisy adalah Qussai yang dilanjutkan oleh Abdul Muthalib.

Pada tahun 571, Nabi Muhammad keturunan langsung dari Nabi Ismail serta Qussai, lahir di kota ini dan tumbuh dewasa. Pertama kali menerima wahyu dari Allah namun ajarannya ditolak kaumnya yang saat itu masih berada dalam kegelapan pemikiran (Jahilliyah) sehingga berpindah ke Madinah. Setelah Madinah berkembang, akhirnya nabi Muhammad kembali ke Mekkah dalam misi membebaskan kota Mekkah tanpa pertumpahan darah yang dikenal dengan (Fathul Makkah).

Pada masa selanjutnya Mekkah berada di bawah administrasi Khulafaur Rasyidin yang berpusat di Madinah, serta para Khalifah yang saat itu berkuasa di Damaskus (Dinasti Ummayyah), Bagdad (Dinasti Abbasiyah) dan Turki (Usmaniyah). Kemudian setelah hancurnya sistem kekhalifahan, kota ini disatukan di bawah pemerintahan Arab Saudi oleh Abdul Aziz bin Saud yang kemudian menjadi pelayan bagi kedua kota suci Islam, Mekkah dan Madinah.

Sebagai kota suci umat Islam dan tempat menunaikan ibadah haji, kota Mekkah setiap tahunnya menerima kunjungan dari umat islam dari berbagai negara, tentunya fasilitas kesehatan merupakan fasilitas pendukung utama yang menjadi perhatian khusus bagi pemerintah Arab Saudi.

Masjidil Haram, kadangkala disebut juga dengan Masjid al-Haram ataupun Al-Masjid al-Ḥarām, merupakan masjid yang terletak di Kota Makkah Al Mukharamah, yang dibangun mengelilingi Ka’bah, yang menjadi arah kiblat umat Islam dalam mengerjakan ibadah salat. Selain itu di masjid inilah salah satu rukun ibadah haji yang wajib dilakukan umat Islam yaitu tawaf, mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali.

Sebagai kota suci umat Islam, berdasarkan hukum yang berlaku di Arab Saudi, bagi Non-Muslim tidak diijinkan memasuki kota Mekkah ini[9].

 

Rambu Petunjuk “Non-Muslim Bypass:” Non-Muslim tidak diizinkan memasuki kota Mekkah.

Ka’bah  merupakan sebuah bangunan yang mendekati bentuk kubus yang terletak di tengah Masjidil Haram di Kota Mekkah. Bangunan ini adalah monumen suci bagi umat Islam. Dan bangunan ini yang menjadi patokan arah kiblat untuk ibadah salat, bagi umat Islam di seluruh dunia.

Zamzam merupakan nama air yang diperoleh dari sebuah sumur mata air bawah tanah yang terletak dalam kawasan Masjidil Haram, sebelah tenggara Ka’bah, dengan kedalaman sekitar 42 meter. Air zamzam ini merupakan sumber air bersih utama bagi kota Mekkah. Selain dikonsumsi untuk air minum, air ini juga digunakan sebagai air wuduk bagi jamaah yang akan melakukan ibadah salat di Masjidil Haram.

Nama-Nama Tanah Suci  Makkah

  • Makkah Tanah  Haram Makkah adalah salah satu kota suci yang sering disebut oleh Al-Qur’an dan  hadits. Makkah adalah nama yang sering disebut serta akrab ditelingga umat  islam, Allah SWT dalam Al qur’an QS, Al Fath 23 yang berbunyi :” Artinya “Dan  Dia-lah yang menahan tangan mereka dari (membinasakan) kamu dan (menahan) tangan  kamu dari (membinasakan) mereka di tengah kota Mekah sesudah Allah memenangkan  kamu atas mereka, dan adalah Allah Maha melihat apa yang kamu kerjakan.
  • Bakkah Makkah disebut juga dengan Bakkah  yang berarti tunduk, nama ini mengisaratkan pada tempat yang penuh dengan  barokah berdasarkan Al Qur’an (QS al-An’am: 92)”Artinya “ Sesungguhnya rumah  yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadat) manusia, ialah Baitullah yang  di Bakkah (Makkah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua  manusia. Dalam literatur islam, yang di maksud Bakkah adalah siapa pun yang  datang ke Makkah akan tunduk dengan keagungan Ka’bah
  • Umm Al  Qura. Dalam ayat lain Makkah juga disebut Umm al-Qura,
    bahkan nama ini dijadikan nama Universitas “ Umm Al Qura University”. Kampus ini  sangat terkenal dan tidak asing, letaknya di Al Aziziyah dan dikembangkan di  Abidiyah. Nama Umm Al Qura bersumber dari Aq Qur’an (QS al-An’am: 92 ) yang  berbunyi;” Dan ini (Al Quran) adalah kitab yang telah Kami turunkan yang  diberkahi; membenarkan Kitab-Kitab yang (diturunkan) sebelumnya dan agar kamu  memberi peringatan kepada (penduduk) Ummul Qura (Mekah) dan orang-orang yang di  luar lingkungannya. orang-orang yang beriman kepada adanya kehidupan akhirat  tentu beriman kepadanya (Al Quran) dan mereka selalu memelihara  sholatnya. Dinamakan Umm Al qura, karena memiliki kemulyaan  (lebih mulya dan utama) dari pada tempat lain serta lebih dicintai Allah SWT dan  Rosulullah SAW.
  • Al Baladul  Amin Allah SWT juga menyebut tanah Haram
    dengan Al Balad Al Amin, ini tertuang dalam surat Al-Balad, bahkan Allah
    bersumpah dengan ‘’Al Balad” berdasarkan QS-Al Tin yang berbunyi” Artinya
    “Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun. Demi bukit Sinai. Dan demi kota (Makkah)
    ini yang aman.Surat ini mengisaratkan keistimewaan yang dimiliki kota
    Makkah, karena Allah telah bersumpah dengannya.
  • Al Baldah. Allah menyebut kota Makkah dengan Al  Baldah, berdasarkan QS, An-Naml 91 yang berbunyi”Artinya”Aku hanya diperintahkan  untuk menyembah Tuhan negeri ini (Makkah) yang telah menjadikannya suci dan  kepunyaan-Nya-lah segala sesuatu, dan aku diperintahkan supaya aku Termasuk  orang-orang yang berserah diri.
  • Nama-nama diatas adalah nama yang
    disebutkan didalam Al qur’an, masih banyak lagi nama yang belum disebutkan.
    Banyaknya sebutan untuk Makkah dalam al-Qur’an ini juga menunjukan banyaknya  keistimewaan dan keutamaan yang dimilikinya.

Keutamaan Makkah :

  1. Tempat dibangunnya Baitullah (Ka’bah), dan dibolehkan sholat sunnah diwaktu
    yang terlarang (HR. Abu   Dawud).
  2. Tempat kelahiran manusia sempurna (utusan Allah) Nabi Muhammad SAW.
    Kehadiran beliau di muka bumi merubah dunia dari kegelapan menjadi bercahaya dengan sinarnya. Merupakan kewajiban bagi umatnya menziarahi beliau baik yang dekat maupun yang jauh jika mampu.
  3. Tempat yang suci dari orang-orang non-Muslim, karena tidak diperbolehkan
    bagi non-Muslim masuk ke dalamnya berdasarkan teks yang sangat jelas. Bagi kaum muslimin yang memasukinya harus benar-benar khusyu’, tawadlu’ serta meninggalkan bentuk pakaian dan jabatan serta perhiasan dunia.
  4. Tempat yang aman bagi siapa saja yang memasukinya, dan diharamkankan saling membunuh di dalamnya (perang) atau memasukinya dengan membawa senjata.
  5. Tempat yang mendapatkan dispensasi bagi orang-orang yang bertaubat, dan
    mendapatkan pengampunan, serta dilipatgandakan bagi yang beramal sholih.
  6. Satu-satunya tempat yang disyariatkan thawaf (keliling Ka’bah). Thawaf juga
    termasuk penghapus dosa dan kesalahan dan dicatat sebagai amal kebaikan, bahkan pahalanya diibaratkan memerdekakan budak (Riwayat Al Hakim , Al Mustadrok Ala Al Shohihain).
  7. Allah tidak memerintahkan untuk berkunjung ke mana pun kecuali tiga masjid,
    yaitu Masjidil Haram, Masjid an-Nabawi, serta Masjidil al-Aqsha (HR. Al
    Bukhari).
  8. Satu-satunya kiblat umat Islam dari seluruh penjuru dunia dan tidak ada
    tempat yang diperintahkan untuk melambaikan (mengecup) kecuali Hajar Aswad. Dengan kecupan bisa melunturkan dosa-dosa yang melekat dalam jasad dan hati manusia. (HR. At Tirmidzi)
  9. Makkah juga tempat beribadah yang digandakan semua bentuk ibadah menjadi
    seratus ribu kali dari yang dilakukan di luar kota Makkah (HR. Al Bukhari).
  10. Tidak dipebolehkan membelakangi Ka’bah ketika buang hajat sebagai tanda
    keagungan Baitullah al-Haram.
  11. Malaikat selalu menjaga setiap saat, agar tidak disinggahi Dajjal dan
    pengikutnya.
  12. Terdapat Zam-zam. Mata air ini mengalir sepanjang musim, baik musim hujan, panas, atau  dingin. Keberadaannya melengkapi keistimewaan lain kota Makkah selain keberadaan  Rasulullah, Ka’bah dan al-Qur’an.
  13. Terdapat Baitullah yang  begitu indah dan agung yang dikelilingi malikat, jin dan manusia siang dan malam  sepanjang zaman. Tempat diturunkanya wahyu yang dibawa langsung oleh Jibril AS,  serta terdapat mata air yang sangat jernih kaya dengan mineral yang memanacar  disudut ka’bah. Begitulah Makkah, ia akan selalu suci dan disucikan Allah  walupun manusia jauh dari perintah-Nya.
  14. Makkah menjadi  tempat turunnya wahyu (al-Qur’an). Allah juga memilih Makkah sebagai tempat  istimewa dalam penanaman akidah serta perjuangan Nabi selama tiga belas tahun  dalam mendidik para sahabatnya sehingga menjadi generasi pertama Islam di bawah  bimbingan Rasulullah SAW.

               

 

sumber : wikipedia dan berbagai sumber lainnya

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

Supported By :

http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcR6YmYb-hui0xP9f-qqBB_K64r-8VBm1tFHJQcztlW4hvtQ7V37XwAudi Yudhasmara

KORAN ANAK INDONESIA, Yudhasmara Publisher

“PUPUK MINAT BACA ANAK DAN REMAJA INDONESIA SEJAK DINI”. Membaca adalah investasi paling kokoh bagi masa depan perkembangan moral dan intelektual anak. “SELAMATKAN MINAT BACA ANAK INDONESIA”.

Jl Taman Bendungan Asahan 5 Jakarta PusatPhone : (021) 70081995 – 5703646

email : judarwanto@gmail.com http://mediaanakindonesia.wordpress.com/

Copyright 2011. Koran Anak Indonesia  Network  Information Education Network. All rights reserved

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s